Sabtu, 16 Mei 2015

Halo Ungaran!




14 mei 2015, untuk pertama kalinya gue ngerasain sensasi solat subuh yang beda banget. Bukan di rumah, bukan di masjid, bukan di kamar kos, bahkan bukan di atas sejadah.
Gaes.. gue solat subuh di puncak gunung, di atas sleeping bag!
Sumpah, momen itu gak bakal gue lupain. Mungkin kalian yang udah sering naik gunung dan baca ini sekarang lagi ketawa, bilang gue alay, lebay, bodoamaaaaat gak peduli.
Karena gue emang alay, sih.


Jadi bener, kemaren itu emang pengalaman pertama gue naik gunung.
Alhamdulillah, syukur bertubi-tubi karena udah dikasih kesempatan buat ngerasain ciptaan-Nya yang seindah itu.
Gue gak tau harus pake kata-kata model apa buat ngungkapin perasaan gue di sana kemaren. Sumpah, Allah Maha Hebat.

Awalnya, gue gak berani naik-naik gunung gitu, apalagi naik meja dosen, gak berani banget.
Gue sering diajak naik gunung sama temen-temen, tapi ya gitu, gue masih terlalu cupu. Banyak alesan yang bikin gue gak berani naik gunung. 
Yang pertama, gue gak ada izin dari mamibro dan papibro. Iya, dari masih di kandungan, gue udah diwanti-wanti(?) biar gak ikut kegiatan-kegiatan pecinta alam, sampe gue sekolah, kuliah, masih aja dilarang, padahal gue gak pernah bilang kalo gue minat ikut kegiatan itu tapi dengan kekuatan ramalnya yang luar biasa, ibu gue selalu ngingetin larangannya itu setiap gue masuk ke sekolah baru. 

“Bu, aku tuh gak bisa diginiin.”

Yang kedua, karena gue gak yakin kalo gue kuat buat nyusurin jalan sampe puncak gunung. Jangankan jalan ke puncak gunung yang setinggi itu, jalan ke ruang dosen pas ngumpul tugas telat aja gue gak berani, padahal jalanannya datar dan cuma beberapa meter dari kelas. Sungguh, Cupu. Dan yang ketiga, alesan yang gue gak bisa kasih tau ke kalian *lap ingus*.

Tapi KEMARIN, dengan segenap keyakinan hati yang masih utuh banget ini, gue mutusin untuk berani naik gunung. Sebenernya gue masih rada takut karena gak ada ijin.

“Pak, Bu, kalo suatu saat aku mamerin poto-poto di atas gunung, plis... jangan dicoret dari kartu keluarga ya, nanti kartu keluarganya kotor.”

Karena gue gak berani minta ijin ke ortu tercinta, akhirnya gue minta ijin ke embak terkasih dan dia berkata dengan lantangnya, “Ya muncak aja. Bilangnya nanti kalo udah turun.”
Yaudah gue ikutin aja kata-kata dia.

Baydewey, embak gue ini dulu juga pernah muncak tanpa minta ijin, tapi pas ketauan dan namanya mau dicoret dari kartu keluarga, dia mandangin ibu sama bapak yang lagi tidur. Lama banget, terus dia bilang “Setelah kalian mendengar tepuk tangan yang sangat meriah, bangun dan lupakan semuanya.” Abis itu dia tepuk tangan kuat-kuat. Beberapa menit kemudian, dia diem di kamar mandi, lama banget, ternyata dia dikurung.
Embak gue emang cerdas.

Dengan keyakinan gue yang gak seberapa, akhirnya 14 Mei 2015 gue melakukan pendakian.
Untuk pertama kalinya gue tau kalo naik gunung itu capek banget. Capeknya sampe ke ulu hati, hampir mirip kayak capeknya nunggu gebetan yang gak peka-peka dan tiba-tiba ditikung temen. Beuh.

Tapi tenang, Tuhan Maha Adil. Jadi, kalo gebetan lo direbut temen, gak usah khawatir, pasti nanti ada gantinya kok. Kapan pun itu hahaha.
Sama kayak naik gunung. Pas lo udah jalan jauh banget, kaki lo udah meronta-ronta, pinggang lo udah bisa muter 360 derajat, napas lo udah kayak kereta api dikejer manusia serigala, Tuhan bakal ngasih balesan buat semua jerih payah lo itu. Puncak yang indahnya gak kenalar. Gilak, gila banget.


Ungaran, tempat gue meet up untuk pertama kalinya sama fajar terspesial selama gue hidup 18 belas tahun ini. Yaaa jujur sih, sebelumnya gue udah sering ketemu fajar. Fajarudin, Fajar Alfarisi, Fajar Rahardian, dan masih banyak fajar lainnya. Tapi gue berani koprol, fajar kemaren itu fajar yang paling pecah belah jangan dibanting banget. Swear.

Diakhir pendakian, gue sebenernya udah mau nyerah. Kaki, kepala, sama napas gue udah gak karuan. Mereka kayak mau melarikan diri gitu. Mungkin dulu pas gue nonton berita gayus, mereka juga ikut nonton dan mau menerapkannya kemaren, entahlah.
Terus jalanan juga ketutup kabut. Pas gue nengok ke belakang, yang seharusnya bisa ngeliat pemandangan juga cuma ada kabut putih. Gue udah males buat nyampe puncak, toh gak bakal keliatan apa pun, pikir gue.
Tapi gue gak mau nyia-nyiain kesempatan. Gue harus sampe atas dan duduk disana. Seenggaknya untuk mengistirahatkan anggota tubuh gue yang dari tadi udah rese banget.

Beberapa jam kemudian, gue sampe. Dan bener, semuanya masih ketutup kabut.
Dengan segala kesenangan dan kehancuran hati gue, gue solat subuh, gue bersyukur udah bisa sampe ke atas sana, dan gue cuma minta supaya bisa balik dengan selamat. Udah itu aja.

Selesai gue solat, orang-orang sekitar gue pada teriak terus lari-larian. Gue bingung. Padahal gue yakin banget kalo Maroon 5 itu konsernya bukan di Ungaran. Serius.
Dan tanpa gue suruh, kepala gue nengok ke arah tujuan orang-orang yang lari-larian itu.

“Ya Allah.. Terimakasih.”

Speechless. Gak bisa ngomong apa-apa. Sunrise paling menakjubkan dari yang selama ini gue liat tiba-tiba dateng gitu aja. Sunrise yang pemberani. Dia ngusir kabut-kabut yang nutupin kecantikannya. Gue rasa dia galak, soalnya kabut-kabut putih itu cepet banget kaburnya, ketakutan gitu, sama persis kayak temen gue yang lagi selingkuh di alun-alun dan ketemu pacarnya. 

Setelah lama diem dan mandangin atraksi langit yang luar biasa itu. Gue memulai aksi. Mengeluarkan lembaran-lembaran kertas dan nulis macem-macem.

Itu yang pertama dan gue gak tau bakal jadi yang terakhir atau enggak.
Yang gue tau, hari itu gue dibuat paham apa itu pagi. Gue dibuat ngerti tentang perasaan cinta. Iya, karena hari itu gue jatuh cinta berkali-kali sama alam sekaligus penciptanya.


Terimakasih untuk siapa pun yang udah ambil peran dibalik pertemuan gue sama fajar di puncak gunung. Terimakasih banyak.


“Now, I’m brave to face everything.”



2 komentar:

 

Monday Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template